Thursday 25 June 2009

Terima Kasih

Di dalam ungkapan yang digunakan pada sebuah bahasa kadang-kadang tersembunyi filosofi yang jika direnungkan punya makna yang dalam.

Kali ini yang kita bahas adalah ungkapan "Terima Kasih" dalam bahasa Indonesia. Ucapan terima kasih kita berikan kepada orang yang telah memberikan sesuatu kepada kita. Bentuk pemberiannya bisa apa saja. Bahkan sekedar ucapan selamat pun biasanya orang Indonesia akan mengucapkan terima kasih sebagai balasannya. Misalnya jika ada seseorang yang mendapatkan promosi jabatan di tempat kerjanya, kemudian semua rekan kerjanya memberikan ucapan selamat. Ketika itu dia biasanya mengucapkan, "Terima kasih."

Ungkapan ini jika dicermati tersusun atas dua kata, "terima" dan "kasih". Kata yang pertama memiliki arti tindakan pasif mendapatkan sesuatu dari orang lain. Jika saya memberikan sesuatu kepada anda, maka anda adalah penerimanya. Anda melakukan tindakan "menerima".

Kata yang kedua, "kasih", mengandung pengertian memberikan sesuatu kepada pihak lain. Dalam bahasa pergaulan sehari-hari di Indonesia, kita lebih sering mendengar ungkapan "mengasih" sebagai pengganti ungkapan "memberi". Dalam bahasa resmi memang kata "beri" lebih pantas digunakan. Biasanya dalam bahasa resmi, kata "kasih" lebih sering digandengkan dengan kata "sayang". Kata "Kasih sayang" sesungguhnya memiliki makna "memberikan rasa sayang kepada orang atau pihak lain".

Terkait dengan kata "terima" di dalam ungkapan "terima kasih", tersembunyi makna filosofis bahwa ketika kita mengucapkannya, kita menerima sesuatu dari orang lain, lalu kita pun memberikan sesuatu itu kepada orang lain. Saya "menerima" sesuatu, dilanjutkan dengan "mengasih" sesuatu itu kepada orang lain.

Apa maksudnya? Bahwa apa yang kita terima dalam hidup ini, sesungguhnya menjadi lebih bermakna jika kita berikan sebagian kepada orang lain. Dalam agama Islam, dikenal berbagai macam konsep seperti ini dalam ungkapan "zakat", "infaq", "sedekah", "amal". Ketika kita menerima sebuah pemberian, sesungguhnya di dalam pemberian itu terdapat bagian milik orang lain. Nikmat yang kita terima bukan seluruhnya hak kita, tapi juga ada hak orang lain di dalamnya.

Saya ucapkan terima kasih kepada anda yang telah membaca dan mengikuti tulisan saya sampai di sini. Anda telah menerima pemahaman baru tentang makna ungkapan "terima kasih" dalam bahasa Indonesia. Di dalam perhatian yang anda berikan kepada tulisan ini, saya telah memberikan sesuatu kepada anda.

Ungkapan terima kasih itu dapat lebih terasa ketika anda kemudian memberikan sebagian pemahaman baru itu kepada orang lain. Karena di dalam pemahaman yang baru anda dapatkan, terdapat bagian hak orang lain untuk mendapatkan pencerahan yang sama.

No comments:

Post a Comment