Monday 28 April 2014

Asal Kata "jongos"

Kata "jongos" merupakan salah satu kosa kata bahasa percakapan sehari-hari masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jakarta. Kata ini memiliki konotasi negatif yang seringkali dilekatkan kepada kelompok masyarakat kelas bawah yang miskin dan tak berpendidikan.

Padahal asal muasal kata ini memiliki makna yang positif, menghargai pihak yang disebut "jongos".



Semasa penjajahan kolonial Belanda, banyak keluarga Belanda yang tinggal di Jakarta mengangkat orang-orang pribumi untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga. Dalam bahasa yang lumrah digunakan sekarang, Kita menyebutnya dengan PRT, kependekan dari Pembantu Rumah Tangga.

Sebagian besar masyarakat pribumi yang dipekerjakan sebagai PRT pada masa kolonial itu adalah anak-anak muda belasan tahun. Tidak jauh berbeda dengan situasi yang kita alami sekarang. Dalam bahasa Belanda, anak muda disebut dengan "jongens". Secara pengucapan lafalnya, /yongens/, kata ini mengingatkan kita kepada kata "young" dalam bahasa Inggris, yang mempunyai makna kurang lebih sama dengan "jongens".

Mungkin karena perkembangan sosial-politik yang terjadi pada masa kolonial saat itu, kata "jongens" kemudian mendapatkan konotasi negatifnya hingga sekarang.

sent without postage stamp.
banyak bicara aku lakukan untuk menutupi kurangnya ilmu
banyak mencela aku perbuat agar aku terlihat hebat bagimu

No comments:

Post a Comment