Tuesday 18 December 2007

Pukul Jam

Dalam bahasa Indonesia, setidaknya ada dua kata yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Kedua kata yang saya maksud adalah "pukul" dan "jam". Dalam percakapan sehari-hari seringkali kedua kata ini dipertukarkan, karena ada kemiripan makna di antara mereka. Namun sesungguhnya ada perbedaan di antara kedua kata tersebut.


Kata pukul menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alat penunjuk waktu, yang kebetulan dalam bahasa Indonesia alat ini disebut sebagai jam. Perhatikan contoh kalimat berikut:


Pesawat kloter pertama akan tiba di Jeddah pada pukul 10 waktu setempat.



Kata pukul pada kalimat tersebut menunjukkan kapan tepatnya sebuah kejadian terjadi. Pola kalimat yang serupa juga bisa digunakan misalnya untuk membuat janji bertemu antara rekan kerja, atau jadwal kegiatan resmi di sekolah, kantor, atau pabrik.


Kata pukul juga bisa digunakan dalam kalimat tanya. Penggunaan kata ini dalam kalimat tanya pada percakapan sehari-hari yang sering dipertukarkan oleh orang di Indonesia. Orang Indonesia lebih sering mengucapkan kalimat seperti ini:


Jam berapa sekarang?


yang seharusnya lebih tepat dinyatakan dengan:


Pukul berapa sekarang?


Pada kedua contoh kalimat di atas, seringkali orang Indonesia bisa mengerti apa yang dimaksud oleh penanya. Sehingga jawaban yang diberikan pun sesuai dengan maksud kedua pertanyaan tersebut.


Kata jam sebetulnya lebih tepat digunakan untuk menyatakan rentang waktu, bukan untuk menunjukkan waktu terjadinya suatu kejadian. Misalnya,


Saya menulis artikel ini selama 1 jam.


atau,


Pesawat dari Jeddah tiba setelah menjalani 8 jam penerbangan.


Pola kalimat di atas bisa digunakan untuk menyatakan lamanya waktu yang dibutuhkan oleh suatu kejadian. Perbedaan antara kata jam dan pukul bisa digambarkan secara lebih baik dalam beberapa kalimat berikut ini:


Ujian Akhir Semester sudah dimulai 1 jam yang lalu. Ujian ini dimulai pada pukul 8 pagi tadi dan akan berakhir pada pukul 11. Waktu yang diberikan bagi para peserta ujian untuk menjawab soal-soal adalah 3 jam.

No comments:

Post a Comment